Kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi sekaligus sharing season pengelolaan pendidikan sekolah anak usia dini agar dapat memiliki kualitas yang baik seperti pengelolaan sekolah anak usia dini di Tadika Al-Fikh Orchad Malaysia yang mempunyai 52 cabang sekolah Tadika di Negara Malaysia. Puan siti menyampaikan agar materi perkuliahan sekolah anak usia dini lebih mementingkan materi kemampuan dasar anak agar memenuhi aspek aspek perkembangan anak, yakni Perkembangan Nilai Agama dan Moral, Perkembangan Fisik-Motorik, Perkembangan Kognitif, Perkembangan Bahasa, Perkembangan Sosial-Emosional, Perkembangan Seni.
Puan Hj. Siti Rujita Ramli sebagai owner Tadika Al-Fikh Malaysia, menyampaikan bahwa beberapa aspek perkembangan anak usia dini menurut para ahli yang perlu di pahami yaitu perkembangan Nilai Agama dan Moral, Fisik-Motorik, Kognitif, Bahasa, Sosial Emosional, dan Seni. Semua aspek ini saling berhubungan dan membentuk kepribadian anak yang unggul. Puan Siti juga menyampaikan perjalanan saekolah Tadika hingga mempunyai 52 cabang di malaysia karena:
- Sistem Manajemen yang Efisien: Buat sistem manajemen yang efisien untuk mengatur operasi sekolah dan cabang-cabang. Ini termasuk pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, akademik, dan administrasi.
- Tim yang Kompeten: Rekrut tim yang kompeten dan berkomitmen untuk mengelola setiap cabang. Pilih kepala sekolah dan staf yang berkualitas untuk memastikan kualitas pendidikan yang konsisten.
- Kurikulum yang Terstandarisasi: Pastikan bahwa kurikulum yang diajarkan di setiap cabang terstandarisasi dan sesuai dengan standar pendidikan yang berlaku.
- Pelatihan dan Pengembangan: Berikan pelatihan dan pengembangan berkelanjutan kepada staf dan guru di semua cabang untuk memastikan mereka tetap memperoleh pengetahuan dan keterampilan terbaru dalam pendidikan.
- Teknologi dalam Pendidikan: Manfaatkan teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar dan administrasi. Ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas pendidikan.
- Komunikasi yang Efektif: Pertahankan komunikasi yang efektif antara pusat dan cabang-cabang. Koordinasi yang baik akan membantu menghindari kekacauan dan memastikan semua cabang berjalan sesuai rencana.
- Pemantauan dan Evaluasi: Lakukan pemantauan dan evaluasi berkala terhadap kinerja setiap cabang. Identifikasi area yang perlu perbaikan dan tindaklanjuti dengan solusi yang tepat.
- Komitmen pada Kualitas: Pertahankan komitmen terhadap kualitas pendidikan di semua cabang. Ini akan membantu membangun reputasi yang baik dan meningkatkan kepercayaan orang tua dan masyarakat.
- Pengembangan Merek: Bangun merek sekolah yang kuat dengan citra yang positif. Ini akan membantu dalam pemasaran dan menarik minat calon siswa di cabang-cabang baru.
- Pemasaran yang Tepat: Gunakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat calon siswa di daerah cabang baru. Promosikan keunggulan sekolah dan program yang ditawarkan.